Kewirausahaan memiliki peran strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, terutama melalui pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dalam konteks ini, perempuan, khususnya ibu rumah tangga, memiliki potensi besar untuk berwirausaha. Akan tetapi, usaha kecil yang dilakukan oleh Ibu-Ibu Dasa Wisma di Pakal, Surabaya terkendala kurangnya inovasi produk, strategi pemasaran digital, dan pengelolaan keuangan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengatasi tantangan tersebut melalui pelatihan inovasi produk, pemasaran digital, dan penghitungan harga pokok penjualan (HPP). Kegiatan pelatihan ini dimulai dari tahap observasi masalah, tahap pelatihan, dan tahap evaluasi dan pendampingan. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta dalam menciptakan produk yang lebih inovatif, memperluas jangkauan pemasaran melalui media sosial, serta menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP) dengan lebih tepat. Selain itu, para peserta juga mulai merancang strategi penjualan untuk beberapa bulan mendatang.
Copyrights © 2025