Jurnal Ilmiah Dikdaya
Vol 15, No 2 (2025): SEPTEMBER

Peran Daya Apung Akademik (Academic Bouyancy) dalam Mengurangi Kecemasan Berbahasa Asing pada Mahasiswa: Sebuah Kajian Pustaka

Yurni, Yurni (Unknown)
Triana, Novita (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2025

Abstract

Kecemasan berbahasa asing (Foreign Language Anxiety) merupakan hambatan utama bagi mahasiswa yang mempelajari Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL). Kecemasan ini seringkali mengurangi kemauan mereka untuk berkomunikasi dan memiliki prestasi akademik. Artikel ini mengeksplorasi peran daya apung akademik sebagai faktor pendukung FLA. Daya apung akademik berfokus pada kemunduran rutin seperti kesalahan, tekanan ujian, dan kesulitan berpartisipasi dalam kelas. Mengacu pada literatur dalam psikologi pendidikan dan linguistik terapan, tinjauan pustaka ini menyoroti bagaimana mahasiswa yang memiliki daya apung mengelola penilaian kognitif, mengatur emosi, dan mempertahankan motivasi, yang secara kolektif mampu mengurangi kecemasan dan meningkatkan pembelajaran bahasa. Sebuah kerangka konseptual diusulkan untuk menggambarkan potensi daya apung akademik sebagai penyangga terhadap FLA di kelas EFL. Artikel ini juga akan membahasa Implikasi untuk pengajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dikdaya

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Dikdaya ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online) adalah peer-review jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk berbagi dan diskusi mengenai isu dan hasil penelitian yang lagi hangat pada saat ini. Jurnal Ilmiah Dikdaya diterbitkan oleh Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) ...