Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP)
Vol. 3 No. 1 (2025): Januari

Strategi Guru dalam Menghadapi Gangguan Kosentrasi Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah

Lisa Damayanti (Unknown)
Arsan Shanie (Unknown)
Nayla Lutfiyah (Unknown)
Najwa Aulia Fatah (Unknown)
Muhammad Muhajirin (Unknown)
Eka Yogi Ulyatul Fatikah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi yang digunakan guru dalam mengatasi gangguan konsentrasi siswa saat pembelajaran pendidikan islam di MI NU 09 Kauman Boja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa gangguan konsentrasi siswa dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri (seperti kelelahan dan kejenuhan) maupun dari luar (seperti lingkungan yang bising dan penggunaan gadget secara berlebihan). Dalam merespons hal tersebut, guru menerapkan berbagai strategi, seperti metode pembelajaran yang bervariasi, pemanfaatan media audio-visual, pendekatan emosional yang personal, serta pembiasaan nilai-nilai religius dalam kegiatan belajar. Penerapan strategi-strategi ini terbukti meningkatkan keterlibatan dan konsentrasi siswa. Penelitian ini memberikan sumbangsih bagi pengembangan pendekatan pembelajaran yang lebih responsif dan kontekstual dalam pendidikan Islam dasar, terutama melalui perspektif psikologi pendidikan Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan Ilmu Pendidikan dan ...