Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP)
Vol. 3 No. 3 (2025): Juli

Efektivitas Terapi Menulis Emosional dalam Mereduksi Stres Adaptasi pada Mahasiswa Tahun Pertama

Nabil Muzakki Septiano (Unknown)
Sutrisno, Sutrisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas terapi menulis emosional dalam mereduksi stres adaptasi pada mahasiswa tahun pertama. Penelitian menggunakan pendekatan kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian adalah mahasiswa tahun pertama yang diseleksi melalui kuesioner Perceived Stress Scale (PSS) dan Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ), kemudian dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen mengikuti empat sesi terapi menulis emosional selama dua minggu, sementara kelompok kontrol tidak menerima perlakuan apapun. Hasil simulasi menunjukkan adanya penurunan skor stres adaptasi secara signifikan pada kelompok eksperimen setelah intervensi. Temuan ini menunjukkan bahwa terapi menulis emosional dapat menjadi salah satu strategi intervensi psikologis yang efektif untuk membantu mahasiswa baru dalam proses adaptasi akademik dan sosial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan Ilmu Pendidikan dan ...