Journal of Education, Pedagogy and Teacher Training
Vol. 1 No. 1 (2024): MAY 2024

Upaya Meningkatkan Fokus Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Model Jigsaw Di SMK Negeri 1 Al Mubarkeya

Sri Rahmadani (Unknown)
Yuliza Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan fokus peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui penerapan metode pembelajaran aktif model Jigsaw di SMK Negeri 1 Al Mubarkeya Ingin Jaya. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya fokus siswa selama pembelajaran yang ditunjukkan oleh kurangnya perhatian, konsentrasi, dan keterlibatan aktif, sehingga berdampak pada hasil belajar yang belum optimal. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 35 siswa kelas yang diamati pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Data dikumpulkan melalui observasi, lembar penilaian fokus belajar, catatan lapangan, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan kriteria keberhasilan ditetapkan apabila 80% siswa menunjukkan fokus belajar dalam kategori baik. Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan fokus belajar siswa dari 40% pada kondisi awal menjadi 51,4% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 74,3% pada siklus II, dan akhirnya mencapai 91,4% pada siklus III. Dengan demikian, penerapan metode pembelajaran aktif model Jigsaw terbukti efektif dalam meningkatkan fokus peserta didik dalam proses pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Al Mubarkeya

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jeptt

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Education, Pedagogy and Teacher Training is a peer-reviewed, on-line academic journal devoted to research in the field of Education, Teaching, and Teacher Training. The journal is published twice a year in May and November. Authors must register to this journal before submitting their ...