Penelitian ini mengkaji persepsi mahasiswa S1 pendidikan matematika mengenai pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan akademik dan keterampilan mengajar. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui survey menggunakan angket dan wawancara terhadap mahasiswa S1 pendidikan matematika semester 5 di Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri dapat meningkatkan kemampuan akademik, khususnya dalam memahami konsep matematika. Mahasiswa yang percaya diri cenderung aktif dalam proses pembelajaran, serta mampu menghadapi tantangan akademik secara efektif. Selain itu mahasiswa yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi memiliki keterampilan mengajar yang baik. Melalui latihan terstruktur dan lingkungan yang baik dapat mendukung calon guru matematika yang baik dalam kemampuan akademik maupun keterampilan mengajar.Kata kunci: percaya diri; kemampuan akademik; keterampilan mengajar
Copyrights © 2025