Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 11 No. 4 (2025)

Meningkatkan Pemakaian Tanda Baca dalam Mencipta Teks Berita pada Peserta Didik Kelas VIII-A di SMPN AR Rohman Putra Tahfidz Malang melalui Media Wordwall

Elady’s Wiqhoyah Kusnadi (Unknown)
Bagus Pratomo (Unknown)
Gatut Susanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2025

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII-A SMPN Ar Rohman Putra Tahfidz Malang pada materi teks berita masih mempunyai kendala yaitu masih banyak siswa yang melaksanakan kesalahan pada aspek pemakaian tanda baca pada saat menulis teks berita. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis siswa kelas VIII-A SMPN Ar Rohman Putra Tahfidz Malang dengan memakai media WordWall dalam menulis teks berita khususnya pada pemakaian tanda baca. Penelitian ini memakai desain penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan secara multisiklus. Subyek dalam penelitian ini yakni siswa kelas VIII-A SMPN Ar Rohman Putra Tahfidz Malang. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa siswa kelas VIII-A SMPN Ar Rohman Putra Tahfidz Malang semakin mahir memakai tanda baca pada saat menulis teks berita dengan memakai media WordWall. Secara spesifik, jumlah kesalahan tanda baca menurun dari 150 pada siklus I menjadi 50 pada siklus II. Ketika guru memakai media WordWall dalam pembelajaran, jawaban siswa tentang pemakaian tanda baca dalam teks berita juga meningkat, dari 60 menjadi 80.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...