PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Volume 9 Nomor 2 Oktober 2025

Pengembangan Media Diorama Kincir Air (Kicar) Berbasis STEM Materi Perubahan Bentuk Energi

Muzaqi, Muhamad (Unknown)
Amalia, Shofi Nur (Unknown)
Alfi, Cindya Alfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini berawal dari sedikitnya pemanfaatan media yang baik dan  menarik dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Sekolah Dasar Negeri Jatitengah 01 Kabupaten Blitar. Penelitian memiliki tujuan sebagai Langkah awal membangun media pembelajaran diorama kincir air (KICAR) berbasis STEM. menurut (Kisma et al., 2020) media pembelajaran diorama membuat peserta didik tidak hanya menerima materi atau konsep dari guru, tapi peserta didik mampu menemukan konsep menggunakan sendirinya. Penemuan ini menerapkan metode (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi 5 komponen: Analisis, Desain, Developmen, Implementasi, dan  evaluasi. Peserta penelitian adalah siswa kelas IV pada Sekolah Dasar Negeri Jatitengah 01. Data dihasilkan melalui observasi lapangan, wawancara dengan guru dan siswa, dokumentasi, dilanjutkan dengan  angket validasi dan  tanggapan dari pakar materi, media, guru, dan  peserta didik. akibat validasi memberikan bahwa KICAR dinyatakan oleh para pakar materi 82,5% “valid” serta ahli media 90% “sangat valid”, dan  mendapatkan respons asal pengajar 92,5% “sangat menarik” dan  siswa 91,lima% “sangat menarik”. dengan eksistensi media KICAR, proses pembelajaran menjadi lebih menarik karena siswa tidak hanya menerima berita secara konstektual, tetapi pula dapat merasakan dan  mempelajari konsep secara pribadi. yang akan terjadi penelitian memberikan bahwa media diorama kincir air yang berbasis STEM layak digunakan menjadi alat pembelajaran untuk materi perubahan bentuk tenaga di SD.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...