Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 4 No 1: Agustus 2025

Pendekatan dan Strategi Pembelajaran PAI Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0

Zulaiha B. Abas, Siti (Unknown)
Yahiji, Kasim (Unknown)
Manoppo, Yanty K. (Unknown)
AK. Mantau, Burhanuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji pendekatan dan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam konteks era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Penelitian  yang  dilakukan merupakan  penelitian kepustakaan  (library  research).  Penelitian  ini  termasuk  dalam  jenis penelitian deskriptif analitik.Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan kemajuan teknologi digital serta Society 5.0 yang menekankan pada pemanfaatan teknologi untuk kesejahteraan manusia, menghadirkan tantangan dan peluang baru dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pembelajaran PAI. Pendekatan yang inovatif dan strategi pembelajaran yang berbasis teknologi sangat diperlukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Artikel ini membahas berbagai strategi pembelajaran PAI yang relevan, seperti penggunaan media digital, platform pembelajaran daring, dan integrasi teknologi untuk meningkatkan interaksi, pemahaman, dan kedalaman materi agama dalam menghadapi tantangan globalisasi. Dengan mengimplementasikan pendekatan yang adaptif dan fleksibel, diharapkan pembelajaran PAI dapat mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara spiritual, tetapi juga kompeten di dunia digital. Pendidikan perlu    mengadaptasi    model pembelajaran yang relevan agar siap memasuki era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sasana

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam merupakan jurnal ilmiah di bidang Pendidikan Agama Islam yang diterbitkan oleh Bangun Harapan Bangsa. Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta pemikiran kritis tentang Pendidikan Islam. ...