JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Secure Attachment sebagai Prediktor Coping Stress Mahasiswa di Kota Pontianak

Febrianti, Renita (Unknown)
Fitlya, Rizki (Unknown)
Kur'ani, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2025

Abstract

Untuk menjalankan perannya sebagai mahasiswa dibutuhkan kemampuan penyesuaian diri yang baik agar mahasiswa dapat beradaptasi dalam tekanan. Apabila mahasiswa tidak dapat berdaptasi dengan tekanan maka mahasiswa akan menghadapi stres akademik. Oleh karena itu dibutuhkan upaya untuk mengatasi tekanan dan permasalahan yang dihadapi atau disebut dengan coping stress. Coping stress dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya dukungan sosial. Dukungan sosial bisa diberikan oleh orang tua, teman, dan orang disekitar. Dampak yang diberikan ketika mendapat dukungan yang baik dari orang tua, yaitu menjadi lebih baik dalam menyelesaikan masalah dan lebih baik dalam kemampuan bersosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secure attachment terhadap coping stress pada mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari salah satu universitas di Kota Pontianak yang berjumlah 175orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling. Instrumen penelitian terdiri atas skala secure attachment dan skala coping stress. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil analisis menunjukkan koefisien regresi sebesar 0,604 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), yang mengindikasikan adanya pengaruh positif dan signifikan antara secure attachment terhadap coping stress. Secure attachment memberikan sumbangan efektif sebesar 47,1% terhadap coping stress, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...