Educator Development Journal
Vol. 3 No. 2 (2025): Educator Development Journal

Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Menguatkan Kerukunan Melalui Toleransi dan Memelihara Kehidupan Manusiasa di SMK Negeri 1 Julok

Nurhayati (Unknown)
Fitriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2025

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Julok pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi pokok Menguatkan Kerukunan melalui Toleransi dan Memelihara Kehidupan Manusia. Model pembelajaran yang diterapkan adalah Problem Based Learning (PBL) yang menekankan pemecahan masalah kontekstual untuk membangun pemahaman dan keterampilan siswa. Subjek penelitian adalah 28 siswa yang mengikuti dua siklus pembelajaran, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 72,3 dengan ketuntasan klasikal 71,4%, sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar mencapai 84,6 dengan ketuntasan klasikal 92,8%. Selain itu, siswa terlihat lebih aktif berdiskusi, berani menyampaikan pendapat, dan mampu bekerja sama memecahkan masalah yang diberikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan PBL tidak hanya efektif meningkatkan capaian akademik, tetapi juga membentuk sikap toleransi, kerja sama, dan tanggung jawab sosial siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edj

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Neuroscience

Description

Educator Deploment Journal: Is a scientific publication media and can be accessed by the public published by the Tarbiyah and Teacher Training Faculty of UIN Ar-Raniry Banda Aceh, published twice a year in every February and July. This journal publishes the results of research and scientific work in ...