Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa poster menggunakan aplikasi Canva pada materi pencemaran lingkungan di jenjang sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada masih dominannya penggunaan metode konvensional dan kurangnya media visual yang menarik dalam pembelajaran IPA, khususnya pada topik-topik yang berkaitan dengan isu lingkungan. Padahal, pencemaran lingkungan merupakan materi kontekstual yang menuntut penyajian visual agar lebih mudah dipahami dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba terdiri dari guru dan siswa kelas V sekolah dasar. Hasil validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan bahwa media poster yang dikembangkan layak digunakan dengan kategori sangat baik. Selain itu, respon siswa terhadap penggunaan poster dalam pembelajaran menunjukkan peningkatan motivasi belajar dan pemahaman konsep pencemaran lingkungan. Dengan demikian, media poster berbasis Canva dinilai efektif dan inovatif sebagai alternatif media pembelajaran visual yang mudah dibuat, menarik, dan sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan Canva secara lebih luas dalam pengembangan media pembelajaran lainnya yang berbasis digital dan visual.
Copyrights © 2025