Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu multimedia pembelajaran teknik servis berbasis website berorientasi problem based learning pada mata kuliah TP. Tenis lapangan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu analisis (analye), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini melibatkan ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran. Dalam penelitian ini juga dilaksanakan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, dan uji kepraktisan. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah intrumen/angket. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam peneliti ini yaitu angket atau kuesioner dalam bentuk skala skor. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dari uji ahli isi pembelajaran memperoleh persentase skor 98% dengan kriteria sangat baik, uji ahli desain memperoleh persentase skor 97% dengan kriteria sangat baik, uji ahli media mendapatkan skor persentase 93% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh skor 94% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil 92,8% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok besar mendapatkan skor 95,9% dengan kualifikasi sangat baik, uji kepraktisan mendapatkan skor 96.6% dengan kualifikasi sangat baik. Diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan multimedia pembelajaran teknik servis berbasis website berorientasi problem based learning pada mata kuliah TP.Tenis lapangan ini dinyatakan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar, sehingga dapat meninkatkan kualitas pembelajaran, serta sesuai dengan pedoman tujuan pembelajaran
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025