Latar Belakang : Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan bagian penting dari kurikulum pendidikan dasar dan menengah karena bertujuan membentuk literasi sains serta sikap peduli lingkungan pada siswa. Salah satu materi yang strategis untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah ekosistem. Sayangnya, pembelajaran materi ekosistem sering disampaikan secara teoritis sehingga kurang bermakna. Tujuan : Penelitian bertujuan mendeskripsikan pentingnya penggunaan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPA pada materi ekosistem. Metode : Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan mengkaji buku, jurnal, dan hasil penelitian yang relevan. Hasil dan Pembahasan : Hasil kajian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar dapat meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan proses sains, motivasi belajar, serta kepedulian siswa terhadap lingkungan. Kesimpulan : Penggunaan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPA menjadi alternatif yang efektif untuk mendukung pembelajaran bermakna.
Copyrights © 2024