Bahasa Arab sebagai alat komunikasi tentu menjadi sangat penting dalam kehidupan manusia. Komunikasi yang paling efektif adalah dengan berbicara. Maka permasalahan interferensi itu menjadi masalah dalam penggunaan bahasa asing. Khususnya bagi siswa di Ma Al-Husainy. Tujuan penelitian untuk mengetahui kata bahasa Arab yang terinterferensi kedalam bahasa Arab (analisis fonologi), dan faktor pendukung dan penghambat interferensi bahasa Bima terhadap pemerolehan bahasa Arab (analisis fonologi). Metode jenis penelitian ini adalah kualititatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan mereduksi data, mendisplay data, menarik kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa interferensi bahasa Bima terhadap pemerolehan bahasa Arab (analisis fonologi) pada siswa itu masih sering terjadi kesalahan dalam penyebutan kata bahasa Arab. اخرة, اَسْتَغْفِرُاللهَ, حاج, إستغفار, كعبة, قرآن, المسكنة, المدرسه, غير, إذهب, حببي. Faktor pendukung dan penghambat dalam interferensi bahasa Bima terhadap pemerolehan Bahasa Arab, Faktor pendukung, mata pelajaran bahasa arab peminatan, bahasa Arab & sastra, tugas hafalan kosakata bahasa Arab, kamus bahasa Arab, kegiatan muhadatsah, motivasi guru, guru menggunakan metode mubasyarah. Faktor penghambat, kurang ilmu nahwu dan shorof, kurang berkomunikasi langsung menggunakan bahasa Arab, lingkungan dan kebiasaan, penambahan dan pengurangan pada fonem-fonem huruf akhir pada kata bahasa Arab.
Copyrights © 2025