Distribusi spasial Sekolah Dasar Negeri (SDN) merupakan faktor penting dalam mewujudkan pemerataan akses pendidikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pola sebaran SDN di Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya menggunakan metode Near Neighbour Analysis (NNA). Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik sensus terhadap seluruh SDN. Data spasial diperoleh melalui observasi lapangan, Google Maps, Google Earth, dan peta administrasi dari Ina-Geoportal yang diolah menggunakan ArcGIS. Hasil penelitian menunjukkan 18 SDN tersebar tidak merata di 6 kelurahan dengan konsentrasi tertinggi di Kelurahan Tuguraja (5 sekolah) dan terendah di Kelurahan Nagarawangi (1 sekolah). Analisis NNA menghasilkan Nearest Neighbor Ratio 0,820194 dengan Observed Mean Distance 234,3095 meter dan Expected Mean Distance 285,6758 meter, mengindikasikan pola cenderung mengelompok. Namun dengan p-value 0,144457 (> 0,05) dan z-score -1,459392, pola mengelompok tidak signifikan secara statistik dan mendekati distribusi acak. Jarak rata-rata antar sekolah yang dekat menunjukkan kepadatan fasilitas tinggi di wilayah tertentu, namun mengindikasikan area lain kurang terlayani. Penelitian merekomendasikan evaluasi zonasi dan pemerataan distribusi sekolah untuk menjamin akses pendidikan merata.
Copyrights © 2025