Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol. 15 No. 3 (2025)

IMPLIKATUR SINDIRAN DALAM TUTURAN ALFIANSYAH KOMENG DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT: IMPLICATION OF SATIRE IN ALFIANSYAH KOMENG'S SPEECH AND ITS RELEVANCE TO THE LEARNING OF ANECDOTE TEXTS

Januarta, Anak Agung Gede Aditya (Unknown)
Indriani, Made Sri (Unknown)
Suandi, I Nengah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan makna implikatur sindiran dalam tuturan Alfiansyah Komeng serta relevansinya dengan pembelajaran teks anekdot di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data dokumentasi dan simak, dan teknik catat. Dari sepuluh video yang dianalisis ditemukan 24 data tuturan berimplikatur sindiran, didominasi oleh tuturan langsung tidak literal dan tuturan tidak langsung tidak literal. Makna implikatur yang muncul umumnya berupa sindiran halus terhadap isu sosial, disampaikan dengan gaya humor yang khas. Tuturan tersebut mencerminkan ciri teks anekdot, yaitu unsur lucu, sindiran, dan pesan moral. Hasil penelitian ini relevan dengan capaian pembelajaran bahasa Indonesia dan dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan ajar yang kontekstual dan menarik untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, memahami makna implisit, dan keterampilan berbahasa peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...