Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap rendahnya optimalisasi Mobile JKN Adalah tingkat literasi digital masyarakat. Rendahnya literasi digital menyebabkan sebagian peserta kesulitan memahami fitur aplikasi dan pemanfaatannya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan sebagai agenda transformasi digital nasioal untuk meningkatkan literasi digital masyarakat Desa Panaikang, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, khususnya dalam pemanfaatan aplikasi Mobile JKN. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi sosialisasi, pendampingan praktik, serta evaluasi melalui pre-test dan post-test kepada 25 peserta yang mayoritas berstatus PBI. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta, di mana hasil post-test menunjukkan 96% responden memiliki pengetahuan baik dibandingkan hanya 48% sebelum pelatihan. Selain itu, peserta yang sebelumnya tidak mengenal aplikasi berhasil membuat akun, mengunduh aplikasi, serta memanfaatkan fitur utama seperti antrean online dan kartu digital. Hasil kegiatan ini membuktikan bahwa pendekatan edukatif dan pendampingan langsung mampu meningkatkan literasi digital sebagai implikasi strategis untuk meningkatkan adopsi teknologi Mobile JKN dan pemanfaatan antrean online.
Copyrights © 2025