Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran
Vol 3, No 1 (2016)

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 1 GOWA

Hajra Yansa (Pendidikan Matematika, Unismuh Makassar)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2017

Abstract

ABSTRAK            Jenis penelitian ini adalah  penelitian pra-eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui model kooperatif tipe make a match  pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Gowa Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini mengacu pada tiga kriteria keefektifan pembelajaran yaitu hasil belajar matematika siswa tuntas dan meningkat, aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika, dan respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe make a match. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design, yaitu sebuah eksperimen yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding (kontrol). Sampel penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Gowa sebanyak 31 orang sebagai kelas yang diterapkan model kooperatif tipe make a match. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Skor rata-rata tes hasil belajar matematika siswa melalui model kooperatif tipe make a match adalah 86,93%.  (2) Rata-rata persentase aktivitas siswa untuk setiap indikator mencapai kriteria efektif, yaitu 81,93%.(3) Angket respon siswa menunjukkan bahwa respon positif siswa terhadap model kooperatif tipe make a match  yaitu 90,83%, dan mencapai kriteria efektif. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa: (1) uji normalitas posttest dengan nilai Pvalue=0,07 α =0,05 dan uji normalitas gain dengan nilai Pvalue=0,2 α =0,05 berdistribusi normal. (2) Pengujian hipotesis terdiri dari (a) ketuntasan klasikal postest telah tercapai dengan  Zhitung =3,36 Ztabel= 1,645 maka Ho ditolak, (b) peningkatan hasil belajar matematika siswa sudah tercaoai dengan nilai pvalue = 0,000   α = 0,05 maka Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe make a match efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Gowa.  Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran Matematika,Model  Kooperatif  Tipe Make A Match

Copyrights © 2016