Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), menjadi prioritas utama pemerintah. Pendidikan menjadi salah satu faktor yang berperan untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Sekolah diharapkan dapat menciptakan lulusan yang berkualitas, dan mampu bersaing. Agar dapat bersaing, siswa perlu dibekali oleh kompetensi dan karakteristik wirausahawan sejak masa sekolah. Oleh karena itu, kurikulum Pendidikan kewirausahaan disusun pada jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini bertujan untuk mengukur efektivitas pendidikan kewirausahaan terhadap kompetensi dan karakteristik wirausahawan pada siswa SMK di Kota Bandung. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif komparatif yang membandingkan siswa kelas X dan kelas XII. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif serta uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara deskriptif terdapat peningkatan kompetensi dan karakteristik wirausahawan pada siswa kelas XII, meskipun perbedaannya relatif kecil, uji Mann – Whitney U juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa kelas X dan XII.
Copyrights © 2025