Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa media pembelajaran interaktif berbasis android yang valid, praktis, dan efeektif untuk siswa dan guru dalam mata pelajaran informatika. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (research and development) dengan metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang meliputi lima tahap: Analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android yang dikembangkan telah memenuhi aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Validitas dari ahli materi sebesar 95,6% dan validitas ahli media sebesar 92,8% mengidentifikasi bahwa media pembelajaran berbasis android dalam kategori sangat baik. kepraktisan diketahui bahwa uji perorangan memperoleh rata-rata sebesar 89,77%, uji kelompok kecil sebesar 89,49%, dan uji kelompok besar sebesar 89,70%. Keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis android didasarkan pada hasil posttes menunjukkan persentase ketuntasan kelas eksperimen mencapai 86,8%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025