Profil Pelajar Pancasila sebagai upaya kebijakan dalam mendukung program penguatan karakter mendukung visi dan misi presiden untuk mewujudkan Indonesia yang maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila. Bahan ajar berbasis Project Based Learning berpendekatan STEM cocok diterapkan untuk mengembangkan karakter dalam pembelajaran. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran seperti Google Sites dapat memudahkan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar Google Sites berbasis PjBL berpendekatan STEM dalam memfasilitasi Karakter Profil Pelajar Pancasila, mengetahui tingkat kelayakan dan keterbacaannya, serta perkembangan Karakter Profil Pelajar Pancasila. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan (R&D) dengan desain penelitian ADDIE. Implementasi dari bahan ajar Google Sites dilakukan dengan pendekatan quasi experimental design bentuk nonequivalent control group design. Hasil uji kelayakan bahan ajar Google Sites oleh validator berada kriteria sangat layak. Hasil uji keterbacaan oleh peserta didik berada kriteria mudah dipahami. Peningkatan perkembangan karakter peserta didik pada kelas kontrol berada kriteria rendah, sedangkan pada kelas eksperimen berada kriteria sedang. Dari hasil analisis observasi, pada kelas kontrol maupun eksperimen perkembangan karakter peserta didik berada kriteria mulai berkembang. Bahan ajar yang dikembangkan dapat memfasilitasi perkembangan Karakter Profil Pelajar Pancasila peserta didik yang ditunjukkan dengan hasil pretest ke posttest dan hasil observasi karakter.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025