E-JUPEKhu
Vol 13, No 2 (2025)

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Nama Hari Menggunakan Media Flash Card pada Siswa Tunagrahita Ringan

Murizal, Murizal (Unknown)
Ardisal, Ardisal (Unknown)
Iswari, Mega (Unknown)
Mahdi, Arisul (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh dua orang siswa Tungarhita Ringan (TR dan AJ) mengalami masalah dalam mengenal nama nama hari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan media flash card dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri II siklus. Peneliti berkolaborasi dengan guru kelas III yaitu buk Fines Afriani. Peneliti sebagai pemberi tindakan dan kolaborator sebagai pengamat. Siklus penelitian yang dilakukan terdiri dariĀ  perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan mengenal nama hari, kemampuan awal siswa TR 52 % dan AJ 55%. Siklus I TR meningkat menjadi 75% dan AJ meningkat menjadi 82%. Siklus II AJ lebih meningkat menjadi 93% dan AJ juga lebih meningkat menjadi 96%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal nama hari pada anak tunagrahita ringan dapat ditingkatkan melalui media Flash Card.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...