Penelitian ini dilatar belakangi oleh dua orang siswa Tungarhita Ringan (TR dan AJ) mengalami masalah dalam mengenal nama nama hari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan media flash card dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri II siklus. Peneliti berkolaborasi dengan guru kelas III yaitu buk Fines Afriani. Peneliti sebagai pemberi tindakan dan kolaborator sebagai pengamat. Siklus penelitian yang dilakukan terdiri dariĀ perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan mengenal nama hari, kemampuan awal siswa TR 52 % dan AJ 55%. Siklus I TR meningkat menjadi 75% dan AJ meningkat menjadi 82%. Siklus II AJ lebih meningkat menjadi 93% dan AJ juga lebih meningkat menjadi 96%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal nama hari pada anak tunagrahita ringan dapat ditingkatkan melalui media Flash Card.
Copyrights © 2025