Dekave : Jurnal Desain Komunikasi Visual
Vol 15, No 2 (2025): inpress

Buku Pop Up : Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Sidik, Hafidzah Azara (Unknown)
Jupriani, Jupriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2025

Abstract

Pengetahuan sejarah dan politik memiliki peran penting dalam membentuk kesadaran generasi muda sebagai warga negara yang kritis dan bertanggung jawab. Namun, rendahnya minat baca dan literasi politik di kalangan siswa menjadi tantangan serius. Penelitian ini merancang media baca alternatif berupa Buku Pop Up: Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sebagai upaya penanaman minat baca dan pemahaman nilai- nilai sejarah serta politiksejak dini. Buku ini ditujukan bagi siswa sekolah dasar kelas atas hingga SMP, dengan mengangkat narasi kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia sebagai materi utama. Metode yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), dengan pengumpulan data primer melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari proses perancangan menunjukkan bahwa media pop up interaktif mampu menarik perhatian siswa, mempermudah pemahaman materi, dan menumbuhkan rasa ingin tahu terhadap peristiwasejarah dan sistem politik bangsa. Buku ini tidak hanya memperkenalkan peristiwa penting dalam sejarah bangsa, tetapi juga menyisipkan nilai moral seperti perjuangan dan tanggung jawab. Dengan pendekatan visual dan interaktif, diharapkan buku ini menjadi media edukatif yang efektif dalam meningkatkan literasi sejarah dan politik pada siswa sejak usia dini.Kata kunci: Buku Pop Up, Proklamasi Kemerdekaan, Literasi Sejarah, Literasi Politik, Media Edukasi

Copyrights © 2025