Forum Agribisnis
Vol. 15 No. 2 (2025): FA Vol `15 No 2 September 2025

KARAKTERISTIK BRAND AMBASSADOR YANG DAPAT MEMENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK SUSU UHT

Sari, Dhea Indria (Unknown)
Putri, Tursina Andita (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2025

Abstract

Kondisi persaingan yang semakin ketat pada industri minuman susu UHT membuat para pelaku bisnis di industri tersebut berlomba-lomba untuk menerapkan berbagai strategi pemasaran yang dinilai tepat dan efektif. Salah satu strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk memperluas pasar serta meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk susu UHT adalah dengan memanfaatkan peran selebriti sebagai brand ambassador. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh dari setiap karakteristik brand ambassador terhadap minat beli konsumen pada produk susu UHT. Responden pada penelitian ini berjumlah 185 orang yang berdomisili di Jabodetabek. Metode analisis yang digunakan, yaitu analisis deskriptif dan analisis SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik brand ambassador yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada produk susu UHT adalah visibility, attraction, dan power. Penelitian ini merekomendasikan agar perusahaan-perusahaan yang bergerak pada industri minuman susu UHT dapat merancang kriteria rekrutmen selebriti brand ambassador dengan mempertimbangkan ketiga karakteristik tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fagb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Forum Agribisnis adalah jurnal ilmiah sebagai forum komunikasi antar peneliti, akademisi, dan penentu kebijakan dan praktisi dalam bidang agribisnis dan bidang terkait lainnya. Tulisan bersifat asli berisi analisis empirik atau tinjauan teoritis dan review buku terbaru. Forum Agribisnis dikelola ...