Manis : Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 9 No 1 (2025): MANIS : Jurnal Manajemen dan Bisnis

PENGARUH ONLINE COSTUMER REVIEW DAN ONLINE COSTUMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (PENGGUNA SHOPEE DI KOTA AMBON)

Nirmaulana, Nirmaulana (Unknown)
Asnawi, Aisah (Unknown)
Saptenno, Sammy (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2025

Abstract

Temuan ini bertujuan untuk meneliti pengaruh ulasan pelanggan, penilaian pelanggan, terhadap keputusan pembelian di platform e-commerce shopee di Kota Ambon. Lebih komprehensif, penelitian ini mengisi gap dan ketidakonsistenan dalam penelitian sebelumnya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi asosiatif, adapun populasi penelitian adalah pengguna shopee di Kota Ambon yang telah melakukan pembelian, sejumlah 100 sampel yang diambil melalui teknik purposive sampling dan mengaplikasikan Structural Equation Modeling (SEM) PLS untuk menganalisis responden pengguna shopee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari dua hipotesis yang diuji keduanya diterima, ulasan pelanggan, dan rating berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

manis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Manis: Jurnal Manajemen dan Bisnis is an academic journal published by the Pattimura University S1 Management Study Program Unpatti in collaboration with APSMBI. Manis aims to promote innovative thinking in the field of management and other related fields. This journal focuses primarily on promoting ...