Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan membaca (mahārah al-qirā’ah) teks Bahasa Arab pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah Bontorita, Kabupaten Takalar, serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui tes membaca, observasi, dan wawancara terhadap 36 siswa dan seorang guru Bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan membaca siswa tergolong rendah, dengan rata-rata total kesalahan sebesar 36 dan 75% siswa berada dalam kategori "rendah".Rendahnya kemampuan ini disebabkan oleh kombinasi faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi motivasi belajar yang rendah, penguasaan huruf dan kosakata yang lemah, serta kurangnya rasa percaya diri. Faktor eksternal mencakup metode pengajaran yang masih konvensional, keterbatasan media pembelajaran yang hanya bertumpu pada buku teks, serta lingkungan belajar yang kurang mendukung. Kesalahan membaca yang dominan ditemukan pada tiga aspek: fonetik (pelafalan), sintaksis (struktur kalimat), dan semantik (pemahaman makna), yang berakar dari lemahnya pemahaman kaidah bahasa (qawā'id). Penelitian ini menyimpulkan bahwa permasalahan keterampilan membaca bersifat multidimensional, sehingga diperlukan strategi pembelajaran terpadu yang tidak hanya berfokus pada aspek linguistik, tetapi juga memperhatikan kondisi psikologis dan pedagogis siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025