Abstract: Permasalahan utama dalam pendidikan karakter di sekolah dasar adalah menurunnya apresiasi siswa terhadap lagu nasional, yang sering hanya dinyanyikan secara formalitas tanpa pemahaman makna. Fenomena ini mengindikasikan adanya tantangan serius dalam membentuk karakter kebangsaan di tengah arus globalisasi dan pengaruh budaya populer. Program ini bertujuan untuk menguatkan karakter kebangsaan siswa melalui pendampingan lagu nasional, dengan menekankan penguasaan teknik vokal sekaligus internalisasi nilai kebangsaan yang terkandung dalam lirik. Metode pelaksanaan dilakukan melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Program pendampingan dilaksanakan selama tiga minggu dengan total sembilan kali pertemuan, melibatkan 106 siswa kelas II dari enam sekolah dasar. Hasil program menunjukkan seluruh siswa mampu menguasai. Peningkatan signifikan, terlihat pada lagu Indonesia Raya sebesar 70%, Garuda Pancasila sebesar 77%, Bagimu Negeri sebesar 96%, Satu Nusa Satu Bangsa sebesar 63%, dan Maju Tak Gentar sebesar 87%. Program ini membuktikan bahwa pendampingan lagu nasional efektif sebagai media pendidikan karakter sejak dini.
Copyrights © 2025