Perkembangan motorik halus merupakan aspek penting dalam tumbuh kembang anak usia dini, khususnya pada rentang usia 4–5 tahun, sehingga stimulasi yang tepat melalui media pembelajaran inovatif sangat diperlukan agar keterampilan motorik halus dapat berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media pembelajaran Fishbone dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 4–5 tahun di TK J Ar-Rumi. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media Fishbone yang dikembangkan diuji validitasnya oleh ahli media dan materi, kemudian diimplementasikan pada 10 anak selama tiga pertemuan. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest serta observasi dan wawancara. Hasil validasi menunjukkan media Fishbone sangat valid dengan skor rata-rata 85%. Selain itu, nilai rata-rata keterampilan motorik halus meningkat dari 55 pada pretest menjadi 83 pada posttest, dengan nilai N-Gain sebesar 0,62 yang menunjukkan efektivitas sedang. Observasi selama implementasi juga memperlihatkan minat dan antusiasme tinggi dari anak-anak. Dengan demikian, media pembelajaran Fishbone efektif dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 4–5 tahun, sekaligus memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif, sehingga direkomendasikan sebagai media pembelajaran inovatif dalam pendidikan anak usia dini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025