Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 3 (2025): Agustus

Implementasi Penilaian Aspek Pengetahuan: Mengurai Kesenjangan Antara Kebijakan Ideal dan Praktik Faktual

Alviatin, Anis Kurnia (Unknown)
Suyudi, Suyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penilaian aspek pengetahuan merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran, khususnya pada implementasi Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran aktif, autentik, dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesenjangan antara kebijakan penilaian aspek pengetahuan dalam Kurikulum Merdeka dengan praktik pelaksanaannya di lapangan. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan mengumpulkan dan menganalisis data dari literatur, regulasi, serta dokumen kebijakan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penilaian Kurikulum Merdeka dirancang untuk mendukung pembelajaran yang holistik, fleksibel, dan autentik. Namun, praktik di lapangan masih didominasi oleh penggunaan tes tertulis konvensional dan penerapan asesmen autentik seperti proyek, portofolio, dan penilaian kinerja masih secara terbatas. Kendala utama yang dihadapi guru meliputi keterbatasan pemahaman terhadap asesmen autentik, kurangnya pelatihan, keterbatasan waktu, serta minimnya dukungan sumber daya. Dengan Demikian, terdapat kesenjangan yang cukup signifikan antara kebijakan dan praktik penilaian aspek pengetahuan dalam Kurikulum Merdeka. Oleh karena itu, diperlukan upaya peningkatan kapasitas guru, pelatihan berkelanjutan, serta penyediaan sumber daya penilaian yang memadai guna memperkuat implementasi penilaian yang sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...