Salah satu permasalahan di sekolah dasar menunjukkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS masih rendah. Peserta didik kesulitan memahami materi keberagaman budaya karena penyampaian materi yang kurang sesuai dengan karakteristik perkembangan kognitif mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan serta efektivitas media pembelajaran Pop-Up Book dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Rejosari pada materi Keberagaman Budaya Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang meliputi delapan tahapan, dari identifikasi masalah hingga uji coba pemakaian. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi ahli media dan ahli materi, serta pretest dan post-test peserta didik. Hasil validasi menunjukkan media Pop-Up Book sangat layak digunakan, dengan nilai kelayakan 88% dari ahli media dan 98,3% dari ahli materi. Hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan post-test peserta didik. Nilai N-Gain sebesar 0,438 termasuk kategori sedang, yang menunjukkan bahwa penggunaan Pop-Up Book mampu meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik secara efektif. Media ini sesuai dengan tahap perkembangan kognitif peserta didik sekolah dasar yang berada pada fase operasional konkret, serta relevan dengan prinsip pembelajaran berdiferensiasi dan kurikulum merdeka. Oleh karena itu, Pop-Up Book layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran inovatif berbasis muatan lokal.
Copyrights © 2025