Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 3 (2025): Agustus - October

Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian Ud Mebel Barokah Tohak

Qodir, Abdul (Unknown)
Fahruddin , Fahruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2025

Abstract

Industri mebel di Desa Alaskandang Besuk menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. UD Mebel Barokah Tohak sebagai salah satu pelaku usaha di bidang ini terus berupaya meningkatkan daya saingnya melalui pengembangan kreativitas dalam desain produk dan penerapan inovasi pada proses produksi serta pemasaran. Namun, fenomena yang terjadi adalah belum jelasnya pengaruh kreativitas dan inovasi tersebut terhadap keputusan pembelian konsumen, yang menjadi faktor penting dalam keberlangsungan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kreativitas dan inovasi terhadap keputusan pembelian pada UD Mebel Barokah Tohak di Desa Alaskandang Besuk. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan survei dan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 30 karyawan UD Mebel Barokah Tohak. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kreativitas tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel inovasi memiliki pengaruh positif dan signifikan. Secara simultan, kreativitas dan inovasi berkontribusi sebesar 53,8% terhadap keputusan pembelian konsumen di UD Mebel Barokah Tohak. Temuan ini memberikan implikasi bahwa fokus peningkatan inovasi lebih efektif dalam meningkatkan keputusan pembelian dibandingkan dengan kreativitas semata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian, artinya penerapan ide-ide baru dalam proses produksi dan pemasaran mampu meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk UD Mebel Barokah Tohak. Sebaliknya, kreativitas tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, yang mengindikasikan bahwa kemampuan menciptakan desain unik belum cukup menjadi faktor penentu utama dalam pengambilan keputusan konsumen. Secara simultan, kedua variabel ini memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...