Hasil belajar merupakan tolak ukur penting untuk menilai keberhasilan peserta didik dalam menguasai mata pelajaran ekonomi yang membutuhkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar ekonomi melalui self efficacy sebagai variabel mediasi. Pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan metode SEM-PLS dengan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar ekonomi, sedangkan lingkungan belajar berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar ekonomi. Selain itu, motivasi belajar dan lingkungan belajar masing-masing berpengaruh positif signifikan terhadap self efficacy. Self efficacy juga terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar ekonomi. Temuan ini menunjukkan self efficacy berperan signifikan sebagai variabel mediasi dalam hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar ekonomi, serta antara lingkungan belajar dan hasil belajar ekonomi. Hasil penelitian ini menekankan pentingnya penguatan self efficacy untuk meningkatkan pencapaian hasil belajar ekonomi peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025