Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 3 (2025): Agustus - October

Rancang Bangun Media Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Dalifa, Mikola (Unknown)
Dewi, Ika Parma (Unknown)
Resmidarni, Resmidarni (Unknown)
Asmara, Delvi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR) pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (DDTJKT) di SMKN 8 Padang. Pengembangan dilakukan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Media ini menyajikan objek 3D perangkat keras komputer secara interaktif melalui aplikasi Android yang dirancang dengan menggunakan Unity dan Vuforia. Uji validasi dilakukan oleh dua ahli media dan dua ahli materi, dengan hasil nilai Aiken’s V berkisar antara 0,80 hingga 1,00 yang menunjukkan bahwa media termasuk dalam kategori sangat valid. Aplikasi telah didistribusikan dalam bentuk file APK dan dapat digunakan oleh guru serta siswa, baik dalam pembelajaran di kelas maupun secara mandiri. Media pembelajaran ini dinilai layak sebagai alternatif inovatif untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi perangkat keras komputer.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...