Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan aplikasi turnamen sepakbola divisi utama tingkat Kabupaten Flores Timur berbasis mobile dengan menggunakan metode Lean UX. Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah pengelolaan jadwal pertandingan, klasemen, serta informasi tim, sekaligus memberikan kemudahan akses bagi pengelola turnamen, tim, pemain, dan penggemar. Metode penelitian melibatkan tahapan definisi masalah, ideasi solusi, pembuatan prototipe, serta pengujian sistem. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa aplikasi ini valid dan reliabel (Cronbach’s Alpha ≥ 0,6). Penilaian terhadap lima aspek utama (kemanfaatan, kemudahan penggunaan, aksesibilitas, tampilan visual, dan kepuasan pengguna) menunjukkan hasil yang sangat baik, dengan kepuasan pengguna mencapai 90%. Kesimpulannya, aplikasi ini layak digunakan sebagai solusi digital dalam pengelolaan turnamen sepak bola tingkat kabupaten.
Copyrights © 2025