Kunci untuk memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik adalah memenuhi atau melebihi ekspektasi kualitas pelayanan sasaran konsumen. Selain pelayanan, pemberian kompensasi sangat penting bagi karyawan, karena besar kecilnya kompensasi merupakan ukuran terhadap prestasi kerja karyawan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif yaitu yang digunakan untuk menganalisis dan menyajikan data kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui gambaran perusahaan yang dijadikan sampel penelitian. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 43 orang pegawai Puskesmas Wara Utara Kota Palopo. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Puskesmas Wara Utara Kota Palopo. Hasil ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,001<0,05 dan nilai t hitung 3,949 dengan nilai positif yang artinya bahwa semakin baik tingkat pelayanan yang diberikan oleh karyawan, semakin baik pula kinerja yang akan dihasilkan. dan Dari hasil penelitian variabel kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Puskesmas Wara Utara Kota Palopo. Hasil ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,120 < 0,05 dan t hitung 1,590 Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat tidak berpengaruh signifikan kompetensi terhadap kinerja karyawan pada Puskesmas Wara Utara. 1. Pelayanan dan kompesasi secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Puskesmas Wara Utara Kota Palopo. 2. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa variable pelayanan berpengaruh siginifikan terhadap Kinerja kariawan di Puskemas Wara Utara Kota Palopo. 3.Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa kompensasi secara terpisah parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja kariawan pada Puskesmas Wara Utara Kota Palopo.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025