Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 3 (2025): Agustus - October

Pengaruh Green Marketing, Kesadaran Lingkungan, dan Brand Image, terhadap Keputusan Pembelian Produk Avoskin pada Generasi Z di Pekanbaru

Rahmadini, Ineke (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Green Marketing, Kesadaran Lingkungan, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan studi kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada generasi Z di Universitas Riau dan Universitas Muhammadiyah Riau di Kota Pekanbaru, dengan jumlah responden sebanyak 110 responden. Hasil uji t menunjukkan bahwa Green Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, yang berarti strategi pemasaran ramah lingkungan dapat mendorong konsumen untuk membeli produk. Sebaliknya, Kesadaran Lingkungan tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, menunjukkan adanya kesenjangan antara sikap pro-lingkungan dengan perilaku aktual konsumen. Sementara itu, Brand Image juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, di mana citra merek yang kuat dapat memengaruhi preferensi dan loyalitas konsumen terhadap suatu produk. Berdasarkan hasil tersebut, perusahaan disarankan untuk lebih mengembangkan strategi Green Marketing dan memperkuat Brand Image guna meningkatkan keputusan pembelian konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...