Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 3 (2025): Agustus - October

Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Kain Batik Khas Kota Palembang (Studi Kasus Griya Kain Tuan Kentang)

Putri, Meilita (Unknown)
Wulandari, Rina Dwi (Unknown)
Helyadi, Helyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang digunakan oleh Griya Kain Tuan Kentang dalam upaya meningkatkan penjualan kain batik khas Kota Palembang serta dampaknya. Batik Palembang memiliki nilai budaya dan ekonomi yang tinggi, namun persaingan pasar yang semakin ketat menuntut pelaku usaha untuk menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus penelitian mencakup pada kualitas produk, harga kompetitif, pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi, serta kerja sama dengan mitra lokal dan pelaku ekonomi kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Griya Kain Tuan Kentang menerapkan teori bauran pemasaran (marketing mix) 7P product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence, terbukti mampu meningkatkan daya tarik konsumen dan memperluas pangsa pasar sehingga berdampak positif terhadap peningkatan pendapatan usaha. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang tepat dan adaptif sangat berpengaruh terhadap daya saing dan pertumbuhan usaha kain batik lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...