Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan media pembelajaran berbasis komik dan e-komik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Metode yang digunakan adalah tinjauan sistematik dengan menganalisis 25 jurnal penelitian pengembangan yang diterbitkan antara tahun 2018 hingga 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik dan e-komik efektif dalam meningkatkan motivasi belajar, minat membaca, serta hasil belajar kognitif siswa. Subjek penelitian sebagian besar terdiri dari siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, dengan variasi materi IPA seperti pemanasan global, sumber daya alam, energi, dan sistem organ tubuh. Media ini dinilai sangat menarik, mudah digunakan, dan praktis untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Keunikan penelitian ini terletak pada integrasi teknologi digital, seperti webtoon, flipbook, dan aplikasi Canva, yang menjadikan pembelajaran lebih kontekstual dan interaktif. Kesimpulannya, komik dan e-komik terbukti layak untuk dikembangkan sebagai media pembelajaran inovatif dalam IPA, dengan tingkat kelayakan sebesar 80-95% berdasarkan hasil validasi para ahli.
Copyrights © 2025