Journal of Empowerment Community
Vol. 7 No. 1 (2025): Maret 2025

BIMBEL BAHASA INGGRIS GRATIS BAGI ANAK-ANAK SEKOLAH DI RUMAH LITERASI BANJAR MENGGUNAKAN SMARTPHONE DI ERA KEBIASAAN BARU PANDEMI COVID-19

Rohayati, Dedeh (Unknown)
Febriani, R Bunga (Unknown)
Rachmawati, Etika (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2025

Abstract

Bimbel Bahasa Inggris gratis tanpa mengurangi kuaitas pembelajarannya sangat didambakan bagi masyarakat di era kebiasaan baru pandemic Covid-19. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk memberikan bimbingan belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak sekolah di Rumah Literasi Banjar menggunakan Smartphone. Pelaksanaan bimbingan belajar ini dilakukan selama 4 kali pertemuan setiap hari Ahad/ Minggu selama bulan puasa Ramadan 1442 H atau dari tanggal 18 April sampai 9 Mei 2021. Sumber data pengabdian ini diperoleh melalui dairy journal, dokumentasi video (observasi), dan wawancara yang diuraikan secara deskriptif. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa penguasaan vocabulary anak-anak sekolah tingkat TK mengalami peningkatan jumlah kosakata sebesar 87%; dan anak-anak sekolah tingkat SD sebesar 85%. Sedangkan anak-anak tingkat SMP mengalami peningkatan penguasaan Degree of comparison sebesar 80%; dan anak-anak tingkat SMA sebesar 70% dalam penguasaan jenis-jenis tensis. Selain itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah mendapat respon positif karena bimbingan belajar Bahasa Inggris gratis memberikan pengalaman yang berharga bagi anak-anak sekolah dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) hingga SMA. Kegiatan pengabdian semacam ini selayaknya dilakukan secara berksinambungan dan tentu saja dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai sudut pandang keilmuwan. Kata kunci: Bahasa Inggris, bimbingan belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JEC

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

a) Pelayanan pada masyarakat, b) Ketahanan Pangan Lokal; c) Pelatihan, Pemasaran, Teknologi Tepat Guna, Desain; d) Pemberdayaan Masyarakat; e) Layanan Komunitas Mahasiswa; f) Wilayah Perbatasan dan Wilayah Kurang Dikembangkan; g) Pengembangan wilayah terpadu h) Pendidikan untuk Pembangunan ...