Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan media quizizz dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV di Sekolah Dasar. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep peserta didik kelas IV SDN 166 Ciateul Kota Bandung terhadap materi Pendidikan Pancasila, yang terlihat dari hasil evaluasi belajar. Permasalahan ini diduga karena kurangnya keterlibatan peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung, juga media yang dipakai kurang interaktif. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik yaitu uji normaltas, uji non parametrik Wilcoxon,dan uji N-Gain melalui software SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep peserta didik setelah diterapkan media quizizz, yang dibuktikan melalui perbandingan nilai pretest dan posttest serta uji statistik gain. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukan media quizizz efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila
Copyrights © 2025