AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2025): Afore : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA EDUCAPLAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII

Wini Pawaitra Winatha (Unknown)
Marhamah (Unknown)
Anggria Septiani Mulbasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media Educaplay terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP pada materi aljabar. Penelitian dilakukan di SMPN 3 Mendobarat dengan metode kuantitatif jenis Quasi Experimental dan desain posttest only control group. Sampel terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan SPSS 22. Rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 61,55 (kategori baik) dan kelas eksperimen 73,64 (kategori sangat baik). Hasil uji t menunjukkan t-hitung sebesar 2,530 lebih besar dari t-tabel 2,0345 (α = 0,05), sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Artinya, terdapat pengaruh signifikan penggunaan model CTL berbantuan Educaplay terhadap hasil belajar siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Afore

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Afore: Jurnal Pendidikan Matematika adalah jurnal bidang pendidikan dan ilmu matematika termasuk pengajaran dan pembelajaran, instruksi, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, perkembangan pendidikan, dari berbagai jenis penelitian yang berada di bawah ...