Journal of Economy Business Development
Vol. 3 No. 2 (2025): Journal of Economy Business  Development, Agustus 2025

Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru SMKN 5 Selayar

Ihsan, Muhammad (Unknown)
Idris, Muhammad (Unknown)
Jumarding, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, dan Motivasi terhadap Kinerja Guru di SMKN 5 Selayar. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 50 responden, data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang telah divalidasi. Analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis (uji parsial dan simultan) digunakan untuk menginterpretasi hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, kepemimpinan (thitung 1,171, Sig. 0,248) dan motivasi (thitung 1,272, Sig. 0,210) tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Sebaliknya, lingkungan kerja (thitung 3,792, Sig. 0,000) terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan. Namun, temuan krusialnya adalah bahwa secara simultan, ketiga variabel (kepemimpinan, lingkungan kerja, dan motivasi) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru (Fhitung 15,865, Sig. 0,000). Koefisien determinasi (R2) sebesar 50,9% mengindikasikan bahwa variasi kinerja guru dapat dijelaskan oleh model ini. Implikasinya adalah peningkatan kinerja guru memerlukan pendekatan yang terintegrasi, di mana kelemahan parsial dapat dikompensasi oleh sinergi keseluruhan dari ketiga faktor tersebut. This study aims to examine and analyze the influence of Leadership, Work Environment, and Motivation on Teacher Performance at SMKN 5 Selayar. Employing a quantitative approach with a sample of 50 respondents, primary data was collected through a validated questionnaire. Multiple linear regression analysis and hypothesis testing (partial and simultaneous tests) were used to interpret the relationship among the variables. The results indicate that partially, leadership (tcount 1.171, Sig. 0.248) and motivation (tcount 1.272, Sig. 0.210) do not have a significant effect on teacher performance. In contrast, the work environment (tcount 3.792, Sig. 0.000) is proven to have a positive and significant effect. However, the crucial finding is that simultaneously, all three variables (leadership, work environment, and motivation) collectively have a positive and significant influence on teacher performance (Fcount 15.865, Sig. 0.000). The coefficient of determination (R2) of 50.9% suggests that the variation in teacher performance can be explained by this model. The implication is that improving teacher performance requires an integrated approach, where partial weaknesses can be compensated by the overall synergy of these three factors.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jebd

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Journal of Economy Business Development merupakan jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian dan hasil pemikiran termasuk pengembangan dan review bidang ilmu manajemen dan ekonomi serta studi pembangunan yang mencakup antara lain perencanaan pembangunan daerah, pemerataan ekonomi, konsep ...