Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan ular tangga pada mata pelajaran Bahasa Jawa, khususnya materi unggah-ungguh basa (bahasa krama), bagi peserta didik kelas III SD. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya pemahaman peserta didik terhadap penggunaan bahasa krama yang disebabkan oleh minimnya praktik penggunaan dalam lingkungan sehari-hari serta terbatasnya variasi media pembelajaran yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD 2 Kaliwungu sebanyak 18 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket siswa, validasi oleh ahli media dan ahli materi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ular tangga bahasa krama yang dikembangkan tergolong layak dan efektif digunakan berdasarkan hasil validasi ahli dan respon peserta didik. Media ini mampu meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman peserta didik terhadap kosakata serta penggunaan bahasa krama secara kontekstual. Dengan demikian, media ular tangga dapat menjadi solusi inovatif dalam mendukung pembelajaran Bahasa Jawa yang lebih menyenangkan dan bermakna.
Copyrights © 2025