Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 3 (2025): Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar

Pengembangan Media Ular Tangga Pada Pelajaran Bahasa Jawa Materi Bahasa Krama Kelas III SD

Damayanti, Dinda (Unknown)
Vivin Fitriyani, Vivin (Unknown)
Nur Aulia, Syarifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan ular tangga pada mata pelajaran Bahasa Jawa, khususnya materi unggah-ungguh basa (bahasa krama), bagi peserta didik kelas III SD. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya pemahaman peserta didik terhadap penggunaan bahasa krama yang disebabkan oleh minimnya praktik penggunaan dalam lingkungan sehari-hari serta terbatasnya variasi media pembelajaran yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD 2 Kaliwungu sebanyak 18 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket siswa, validasi oleh ahli media dan ahli materi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ular tangga bahasa krama yang dikembangkan tergolong layak dan efektif digunakan berdasarkan hasil validasi ahli dan respon peserta didik. Media ini mampu meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman peserta didik terhadap kosakata serta penggunaan bahasa krama secara kontekstual. Dengan demikian, media ular tangga dapat menjadi solusi inovatif dalam mendukung pembelajaran Bahasa Jawa yang lebih menyenangkan dan bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar adalah jurnal nasional yang memuat hasil kajian atau penelitian bidang pendidikan dan pengajaran yang difokuskan pada jenjang Sekolah Dasar atau yang setara. Jurnal ini diterbitkan oleh Edupedia Publisher dan pertama kali terbit bulan Desember tahun 2022. Jurnal ...