JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Manajemen Profesionalisme Guru PJOK di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Wilayah Kabupaten Batanghari dalam Pembelajaran PJOK Tahun 2024

Saputra, Candra (Unknown)
Saputra, Endarman (Unknown)
Anjanika, Yonifia (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2025

Abstract

Melalui manajemen profesionalisme yang efektif, seorang guru dapat terus meningkatkan kualitas pengajaran dan memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi siswa. Dari pemaparan di atas, peneliti ingin mengetahui seperti apa profesionalisme guru PJOK yang mengajar di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Wilayah Kabupaten Batanghari, karena profesionalisme guru terhadap pembelajaran PJOK sangat diperlukan untuk memaksimalkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode analisis survei. Metode yang dirgunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket/kuesioner untuk mengetahui tingkat profesionalisme guru PJOK dalam pembelajaran PJOK.Berdasarkan hasil penelitian Manajemen Profesionalisme Guru PJOK di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Wilayah Kabupaten Batanghari dalam Pembelajaran PJOK Tahun 2024 dapat diketahui bahwa persentase kategori Tinggi yaitu sebesar 5,6%, Sedang sebesar 77,8%, dan Rendah sebesar 16,6%. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Manajemen Profesionalisme Guru PJOK di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Wilayah Kabupaten Batanghari dalam Pembelajaran PJOK Tahun 2024 berada pada kategori “Sedang”. Implikasi dan saran dalam penelitian ini terhadap guru PJOK, diharapkan dapat dijadikan masukan bagi pihak-pihak sekolah mengenai manajemen profesionalisme guru PJOK di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Wilayah Kabupaten Batanghari dalam pembelajaran PJOK dan sebagai kajian ilmiah untuk pengembangan ilmu pendidikan olahraga kedepannya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...