Thalaqah : Journal of Arabic Education and Literature
Vol 3 No 1 (2025): April

Penerapan Metode Al-Qawāʿid Wa Al-Tarjamah dalam Meningkatkan Mahārah Al-Qirāʾah Siswa Kelas VI Putra MI Darul Istiqamah Kabupaten Maros

Islam, Ahmad Muizzul (Unknown)
Yasin, Muhammad (Unknown)
La Sahidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di tingkat madrasah ibtidaiyah memiliki tantangan yang kompleks, khususnya dalam meningkatkan keterampilan membaca yang merupakan dasar bagi pemahaman teks keagamaan dan akademik. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi secara mendalam penerapan metode al-qawāʿid wa al-tarjamah dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas VI MI Darul Istiqamah Kabupaten Maros serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi keberhasilan implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi proses pembelajaran, wawancara dengan guru, kepala madrasah, dan siswa, serta telaah dokumentasi berupa arsip nilai dan perangkat pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan model interaktif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode al-qawāʿid wa al-tarjamah diterapkan melalui tahapan penjelasan kaidah gramatikal, latihan membaca teks, pengayaan kosakata, dan penerjemahan secara bertahap yang diakhiri evaluasi formatif dan sumatif. Evaluasi menggunakan lembar penilaian khusus mencakup kelancaran membaca, pemahaman kosakata, ketepatan terjemahan, dan ketekunan belajar. Nilai rata-rata meningkat dari 72,1 (evaluasi formatif) menjadi 82,7 (UTS) dan 87,9 (UAS), menunjukkan efektivitas metode ini dalam meningkatkan keterampilan membaca. Faktor pendukung meliputi motivasi belajar siswa, kompetensi guru, dan pengelolaan kelas yang kondusif, sedangkan hambatan utamanya adalah keterbatasan waktu dan heterogenitas kemampuan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode al-qawāʿid wa al-tarjamah tetap relevan dan efektif di madrasah ibtidaiyah apabila diadaptasi melalui strategi pembelajaran diferensial dan penguatan latihan di luar kelas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Thalaqah

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

The editorial team invites writers, researchers, and practitioners of Arabic language education from around the world to submit scientific articles for publication in this journal. All articles will be reviewed by experts before being accepted for publication. Each author is fully responsible for ...