Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya peningkatan kompetensi mengajar guru Bahasa Indonesia dalam menghadapi transformasi pembelajaran melalui Kurikulum Merdeka yang menuntut kreativitas, kemandirian, dan adaptasi terhadap kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi mengajar guru Bahasa Indonesia dalam kerangka Kurikulum Merdeka dan mengungkap faktor pendukung dan penghambat guru Bahasa Indonesia dalam mengembangkan kompetensi mengajar dalam kerangka Kurikulum Merdeka. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reserch) yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi mengajar guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 27 Makassar sudah cukup baik dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, namun terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan. Terdapat beberapa faktor utama yang berupa dukungan dari institusi sekolah, seperti penyediaan fasilitas pembelajaran dan pelatihan internal, serta kebijakan pendidikan melalui Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Mengajar memberikan ruang bagi guru untuk berinovasi. Namun, terdapat beberapa hambatan yang perlu diperhatikan, seperti keterbatasan sarana dan prasarana, terutama dalam ketersediaan fasilitas pembelajaran yang belum merata dan akses materi ajar yang terbatas. Dengan demikian, hasil dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat praktis dan teoritis, misalnya rekomendasi pengembangan kompetensi mengajar guru dalam kerangka kurikulum merdeka yang terdapat beberapa aspek perlu di tingkatkan.
Copyrights © 2025