Kemajuan teknologi informasi, e-commerce Indonesia berkembang secara pesat, dengan Tokopedia menjadi salah satu situs belanja online terbesar. Dengan menggunakan algoritma FP-Growth, penelitian ini akan menganalisis pola pembelian produk elektronik di Tokopedia. Tahapan meliputi proses preprocessing data, pembentukan itemset, dan ekstraksi aturan asosiasi berdasarkan nilai minimum support dan confidence. Data yang digunakan terdiri dari 5.000 data transaksi yang dilakukan oleh pelanggan dengan berbagai jenis elektronik, seperti smartphone, laptop, charger, powerbank, earphone, mouse, dan flashdisk. Penelitian dilakukan dengan parameter minimum support yaitu 20% dan minimum confidence 50%. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa aturan asosiasi yang signifikan, seperti konsumen yang membeli smartphone cenderung juga membeli earphone (support 25%, confidence 65%). Konsumen membeli Mouse dan juga membeli Laptop (support 21%, confidence 70%). Konsumen membeli Flashdisk juga terkait dengan membeli Laptop (support 20%, confidence 60%). Konsumen membeli Powerbank juga membeli Charger (support 24%, confidence 55%). Kemudian pola dengan nilai lift tertinggi adalah Smartphone dan Earphone (1,25) serta Powerbank dan Charger (1,22), yang menunjukkan bahwa kombinasi ini muncul bersama jauh lebih sering daripada jika pembelian dilakukan secara acak. Oleh karena itu, penelitian ini menemukan bahwa algoritma FP-Growth dapat dengan mudah menemukan pola pembelian produk elektronik dan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan berbasis data dalam industri e-commerce.
Copyrights © 2025