Innovation and Applied Education Journal
Volume 2, Issue 1, Februari 2025

Mengukur Kemampuan Literasi dan Pemahaman Mahasiswa dalam Penggunaan Aplikasi Berbasis Kecerdasan Buatan

Muhammad Ashraf Naim1*, (Unknown)
Muhammad Ashraf Naim (Unknown)
Ahmad Aiman Sanjaya (Unknown)
Rian Irham Putra (Unknown)
Mulky Subhan (Unknown)
Annajmi Rauf (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2025

Abstract

Pada era Revolusi Industri 4.0, penggunaan teknologi semakin meluas dan berdampak pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Salah satu teknologi yang semakin berkembang adalah kecerdasan buatan (AI). Penelitian ini berfokus pada persepsi mahasiswa terhadap mengukur Kemampuan literasi Mahasiswa makassar dalam penggunaan Aplikasi berbasis kecerdasan buatan. Tujuan penelitian ini untuk mengukur kemampuan literasi AI Mahasiswa di Makassar dalam penggunaan Aplikasi berbasis AI. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yaitu dilakukan penyebaran kuesioner atau angket untuk mengetahui tingkat validitas. Dengan menggunakan kuesioner atau instrumen penilaian, penelitian ini akan mengukur sejauh mana mahasiswa memahami dan mampu mengaplikasikan pengetahuan mereka terkait teknologi AI. Penelitian ini menghasilkan data dari survei yang dilakukan kepada sejumlah responden. Penilaian dilakukan untuk mengetahui seberapa dalam kemampuan literasi dan pemahaman Mahasiswa Makassar dalam penggunaan Aplikasi berbasis kecerdasan buatan. Berdasarkan hasil penelitian ini, mahasiswa di Makassar memberikan respon positif terhadap penggunaan kecerdasan buatan dan literasi AI. Mereka menilai kecerdasan buatan dan literasi AI efektif dalam membantu pembelajaran dan Pekerjaaan, memberikan solusi yang berguna, dan memahami kebutuhan pengguna. Responsivitas kecerdasan buatan dan literasi AI dinilai tinggi, dengan mahasiswa menganggapnya efektif dan mudah digunakan. Dampak positif pada Mahasiswa, termasuk pengalaman belajar yang lebih baik. Sebagai langkah lanjutan, disarankan agar institusi pendidikan lebih proaktif dalam meningkatkan literasi AI mahasiswa melalui integrasi pembelajaran berbasis AI ke dalam kurikulum, serta penyelenggaraan pelatihan, seminar, dan workshop yang relevan. Selain itu, penanaman kesadaran etis dalam penggunaan AI juga sangat penting agar mahasiswa memahami tanggung jawab sosial, privasi, dan potensi risiko yang terkait dengan teknologi ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IAEJ

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering Social Sciences

Description

This journal publishes research articles on various innovations in education and technology that are interesting and have an impact on the development of education and technology. The journal publishes articles on interdisciplinary content and cross-field dimensions related to technology development ...