cover
Contact Name
Wahyu Hidayat M
Contact Email
wahyu.hidayat@unm.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
fadhlirrahman.baso@unm.ac.id
Editorial Address
Jalan Abdullah Dg. Sirua, Kompleks BTN CV Dewi Blok B6 Nomor 12, Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Innovation and Applied Education Journal
ISSN : 30326782     EISSN : 30326745     DOI : -
This journal publishes research articles on various innovations in education and technology that are interesting and have an impact on the development of education and technology. The journal publishes articles on interdisciplinary content and cross-field dimensions related to technology development and the education environment. The journal includes, but is not limited to the following fields: Technology Machine Learning Cloud Computing Virtual and Augmented Reality Systems Human-Computer Interaction Emerging Technology Computer Vision Data Visualization Education Learning Analytics Innovative Pedagogies Educational Technology Computing Education Mobile Learning Social Media for Learning Out-of-School Applications
Articles 30 Documents
Metaverse Era: Analisis Mahasiswa Generasi Z Kota Makassar Terkait Anxiety for Online Learning Nopri Abadi Miko; Desty Endrawati Subroto; Tri Budi Rahayu; Zahrotul Ainil Mahfudhah Umar; Nurhidayah, Novita
Innovation and Applied Education Journal Volume 1, Issue 1, Februari 2024
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/iaej.v1i1.244

Abstract

Sebagai individu Mahasiswa Generasi Z di Kota Makassar yang tumbuh dalam Era teknologi digital, menghadapi perubahan signifikan dalam pengalaman belajar mereka, terutama dengan munculnya metaverse. Pada saat yang sama, online learning semakin mendominasi sebagai cara belajar yang fleksibel dan efisien. Namun, terlepas dari aspek positifnya, Pembelajaran online juga membawa dampak negatif, terutama terkait dengan kecemasan. Kecemasan terhadap pembelajaran online atau Anxiety for Online Learning dapat muncul sebagai respons terhadap beberapa faktor, termasuk tantangan sosialisasi dalam interaksi online dan pengaruh metaverse yang mungkin menyebabkan ketidaknyamanan atau kebingungan di kalangan mahasiswa. Oleh karena itu, penelitian ini akan menggali persepsi dan pengalaman mahasiswa terkait kecemasan mereka terhadap pembelajaran online dalam konteks metaverse era. Sehingga dapat memberikan dasar untuk pengembangan strategi pembelajaran online yang lebih efektif dan mendukung kesejahteraan psikologis mahasiswa. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner atau angket untuk mengetahui tingkat validitas.
Analisis Perkembangan yang Mempengaruhi Penerimaan Blended Learning di Kalangan Mahasiswa PTN Makassar Munir Tubagus; Andro Ruben Runtu; Ainung, Nur; Putri, Zalzabila; Raihan, Muhammad
Innovation and Applied Education Journal Volume 1, Issue 1, Februari 2024
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/iaej.v1i1.245

Abstract

Dalam era revolusi Industri 4.0, perkembangan teknologi memainkan peran krusial dalam transformasi pendidikan tinggi. Artikel ini membahas implementasi dan penerimaan Blended Learning di kalangan mahasiswa PTN Makassar sebagai solusi efektif dalam memanfaatkan teknologi pendidikan. Model pembelajaran ini mengintegrasikan pembelajaran tatap muka dengan e-learning, memberikan daya tarik pada interaksi dan komunikasi antara dosen dan mahasiswa. Meskipun penelitian sebelumnya menyoroti pentingnya berfokus pada pembelajaran, ada ketidakpastian mengenai faktor-faktor yang signifikan dalam memengaruhi sikap dan penerimaan mahasiswa terhadap Blended Learning. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional, melibatkan 65 responden dari mahasiswa Universitas Negeri di Makassar. Metode penelitian menggunakan kuesioner dengan pertanyaan terstruktur yang menggambarkan aspek harapan kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, sikap, dan kecemasan terkait pembelajaran blended. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mahasiswa memiliki harapan positif terhadap efektivitas Blended Learning, namun masih terdapat ketidakpastian terkait beberapa aspek. Kesimpulan penelitian ini mencerminkan perlunya pemahaman lebih lanjut tentang faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan mahasiswa terhadap Blended Learning. Dengan demikian, penelitian ini berkontribusi pada pengembangan strategi pendidikan yang lebih efektif dalam mengimplementasikan Blended Learning, meningkatkan kualitas pendidikan, dan menciptakan dasar kebijakan pendidikan yang lebih baik dalam menghadapi tantangan era teknologi yang terus berkembang.
Analisis Penerapan Extended TAM Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring Studi Kasus di Perguruan Tinggi Izza Safitri; Aristanto; Andro Ruben Runtu; Suaib, Asrafah; Rahayu, Putri
Innovation and Applied Education Journal Volume 1, Issue 1, Februari 2024
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/iaej.v1i1.243

Abstract

Pembelajaran daring telah menjadi fokus utama dalam pendidikan tinggi. Penelitian ini menganalisis penerapan Teori Akseptansi Teknologi yang Diperluas (Extended Technology Acceptance Model/Extended TAM) sebagai kerangka kerja untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran daring di lingkungan perguruan tinggi. Dengan menggunakan studi kasus, penelitian ini memeriksa faktor-faktor kunci yang memengaruhi penerimaan dan penggunaan platform pembelajaran daring oleh mahasiswa dan dosen. Metode penelitian melibatkan survei, wawancara, dan analisis data untuk memahami persepsi, sikap, dan perilaku terkait penggunaan platform tersebut. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas pembelajaran daring, termasuk faktor teknis, sosial, dan kecenderungan penerimaan teknologi. Implikasi dari penelitian ini dapat memberikan panduan bagi perguruan tinggi dalam meningkatkan strategi pembelajaran daring mereka, serta memberikan dasar bagi pengembangan lebih lanjut dalam memperkuat penggunaan teknologi untuk pendidikan yang lebih efektif.  
Analisis Literasi AI Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi Kota Makassar Rosa Zulfikhar; Murthada; Yudha Nurfaiz; Abd. Majid; Sumarno
Innovation and Applied Education Journal Volume 1, Issue 1, Februari 2024
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/iaej.v1i1.242

Abstract

Dalam situasi ini, setiap orang terutama mahasiswa harus memiliki literasi digital yang memadai. Literasi digital sebagai kemampuan individu dalam menerapkan keterampilan fungsional dalam media digital sehingga dapat menemukan dan memilih informasi yang relevan, mengevaluasi secara kritis, berkreasi, berkolaborasi dengan orang lain. Kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) adalah kecerdasan berbasis teknologi dan pengetahuan yang dapat meniru kecerdasan manusia. Kecerdasan ini dapat menganalisis dan bereaksi dengan cepat. Untuk itu dilakukan sebuah penelitian dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk   Literasi AI dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa di Perguruan tinggi Makassar yang memperoleh hasil . Hasil dari analisis data juga menunjukkan secara keseluruhan sebanyak 80% lebih responden setuju menggunakan aplikasi AI yang berpengaruh terhadap meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar
Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Studi Kasus Perguruan Tinggi Negeri Makassar: Pengembangan dan Evaluasi Fasriani; Baso Intang Sappaile; Okniel Zebua; Much Deiniatur; Nurjunni. S
Innovation and Applied Education Journal Volume 1, Issue 1, Februari 2024
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/iaej.v1i1.241

Abstract

Blended learning merupakan pendekatan inovatif di mana siswa terlibat dalam kombinasi pembelajaran tatap muka di kelas dan pembelajaran daring. Artikel ini membahas implementasi model pembelajaran blended learning di perguruan tinggi negeri Makassar, Penelitian ini fokus pada pengembangan dan evaluasi model tersebut. Melalui studi kasus, penulis menjelaskan langkah-langkah implementasi dan mencatat respons peserta didik. Evaluasi dilakukan untuk menilai keberhasilan dan mengidentifikasi tantangan yang mungkin muncul selama implementasi. Hasil penelitian ini dapat memberikan pemahaman mendalam tentang efektivitas blended learning di perguruan tinggi dan menjadi dasar untuk pengembangan lebih lanjut dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Data diperoleh dengan teknik pengumpulan data berupa angket kuesioner yang disebar melalui google form. Instrumen berupa angket penelitian dengan teknik mengumpulkan data kemudian menganalisis angket kuesioner yang disebarkan melalui google form yang dilakukan dengan skala likert untuk memperoleh hasil penilitian. diketahui bahwa pembelajaran model blended learning mempunyai pengaruh yang baik terhadap proses pembelajaran.
Analisis Penerapan Gamifikasi Dalam Model Pembelajaran E-Learning Terhadap Psikologi Mahasiswa Engineering Major Putri Fariza; Elma Nurjannah; Devi Miftahul Jannah
Innovation and Applied Education Journal Volume 2, Issue 1, Februari 2025
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/iaej.v2i1.255

Abstract

Gamifikasi dalam E-learning menjadi strategi inovatif untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran daring, khususnya di lingkungan pendidikan teknik. Penelitian ini bertujuan menganalisis persepsi mahasiswa terhadap dampak gamifikasi terhadap aspek psikologis, termasuk motivasi belajar, kenyamanan kognitif, dan partisipasi aktif. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 72 mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Data dikumpulkan melalui kuesioner 15 item berbasis skala Likert. Hasil menunjukkan bahwa lebih dari 60% responden berada pada kategori “Setuju” dan “Sangat Setuju”, dengan skor tertinggi pada aspek keterlibatan dan perilaku belajar. Mahasiswa merasa terbantu dalam memahami materi, termotivasi menyelesaikan tugas, serta lebih aktif dalam diskusi kelompok. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkuat bukti empiris bahwa gamifikasi efektif meningkatkan aspek psikologis dalam pembelajaran teknik berbasis digital. Rekomendasi diarahkan kepada pendidik dan pengelola pendidikan tinggi untuk mengintegrasikan elemen gamifikasi dalam desain E-learning secara sistematis dan berkelanjutan, serta mengembangkan model blended learning yang adaptif dan partisipatif.
Analisis Penerapan Model Utaut Dalam Aktivitas Pengguna Sistem Informasi Akademik Di Universitas Negeri Makassar Andi Dio Nurul Awalia; Desy Maryani; Devi Miftahul Jannah
Innovation and Applied Education Journal Volume 2, Issue 1, Februari 2025
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/iaej.v2i1.254

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi penerapan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) dalam aktivitas pengguna Sistem Informasi Akademik (Syam-Ok) di lingkungan Universitas Negeri Makassar. Artikel ini membahas konsep Sistem Informasi Akademik, kepentingan penerapan model UTAUT, dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan dan penggunaan Syam-Ok oleh mahasiswa dan staf. Model UTAUT mengintegrasikan fitur-fitur utama dari delapan teori penerimaan teknologi, mencakup faktor-faktor seperti harapan kinerja, harapan upaya, pengaruh sosial, dan kondisi yang memfasilitasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional, mengumpulkan data melalui kuesioner elektronik yang diisi oleh mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer. Analisis deskriptif digunakan untuk mengolah data dan mengidentifikasi pola umum dari respons responden terhadap pertanyaan dalam kuesioner. Temuan utama menunjukkan bahwa aspek harapan kinerja, harapan upaya, dukungan sosial, kondisi yang memfasilitasi, efikasi diri komputer, sikap terhadap teknologi, niat berperilaku, dan penggunaan sebenarnya memiliki kontribusi positif terhadap penerimaan dan penggunaan Syam-Ok. Hasil ini memberikan wawasan berharga bagi Universitas Negeri Makassar untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan Sistem Informasi Akademik, serta rekomendasi untuk optimalisasi teknologi di lingkungan akademik. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman faktor-faktor yang memengaruhi adopsi teknologi dalam konteks pendidikan tinggi.
Analisis Kompetensi Mahasiswa terhadap Teknologi Artificial Intelligence Resty Indriyani; Adit Saputra; Wahyu ilahi; Hapryan Paping; Jannah, Devi Miftahul
Innovation and Applied Education Journal Volume 1, Issue 2, Juni 2024
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/iaej.v1i2.245

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi analisis kompetensi mahasiswa terhadap Teknologi Artificial Intelligence (AI) dengan tujuan mendapatkan pemahaman mendalam tentang tingkat kesiapan mereka menghadapi perkembangan teknologi ini. Latar belakang penelitian ini mencerminkan kebutuhan akan sumber daya manusia yang mampu memahami, mengembangkan, dan mengimplementasikan solusi berbasis AI dalam berbagai sektor. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengetahuan dasar, keterampilan teknis, dan pemahaman etika mahasiswa terkait AI. Melalui survei dan analisis data, ditemukan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki pemahaman yang terbatas mengenai konsep dasar AI dan keterampilan teknis yang dibutuhkan. Kesimpulan penelitian menunjukkan perlunya peningkatan kurikulum pendidikan untuk memastikan mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi AI yang sesuai dengan tuntutan pasar kerja masa depan. Selain itu, penelitian ini merekomendasikan penerapan strategi pembelajaran yang inovatif dan proaktif untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang etika dalam penggunaan teknologi AI. Dengan demikian, untuk mencapai keberhasilan dalam menghadapi era AI, mahasiswa perlu dilengkapi dengan keterampilan yang komprehensif dan pemahaman yang mendalam terhadap perkembangan teknologi ini.
Mengukur Kemampuan Literasi dan Pemahaman Mahasiswa dalam Penggunaan Aplikasi Berbasis Kecerdasan Buatan Muhammad Ashraf Naim; Ahmad Aiman Sanjaya; Rian Irham Putra; Mulky Subhan; Annajmi Rauf
Innovation and Applied Education Journal Volume 2, Issue 1, Februari 2025
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/iaej.v2i1.253

Abstract

Pada era Revolusi Industri 4.0, penggunaan teknologi semakin meluas dan berdampak pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Salah satu teknologi yang semakin berkembang adalah kecerdasan buatan (AI). Penelitian ini berfokus pada persepsi mahasiswa terhadap mengukur Kemampuan literasi Mahasiswa makassar dalam penggunaan Aplikasi berbasis kecerdasan buatan. Tujuan penelitian ini untuk mengukur kemampuan literasi AI Mahasiswa di Makassar dalam penggunaan Aplikasi berbasis AI. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yaitu dilakukan penyebaran kuesioner atau angket untuk mengetahui tingkat validitas. Dengan menggunakan kuesioner atau instrumen penilaian, penelitian ini akan mengukur sejauh mana mahasiswa memahami dan mampu mengaplikasikan pengetahuan mereka terkait teknologi AI. Penelitian ini menghasilkan data dari survei yang dilakukan kepada sejumlah responden. Penilaian dilakukan untuk mengetahui seberapa dalam kemampuan literasi dan pemahaman Mahasiswa Makassar dalam penggunaan Aplikasi berbasis kecerdasan buatan. Berdasarkan hasil penelitian ini, mahasiswa di Makassar memberikan respon positif terhadap penggunaan kecerdasan buatan dan literasi AI. Mereka menilai kecerdasan buatan dan literasi AI efektif dalam membantu pembelajaran dan Pekerjaaan, memberikan solusi yang berguna, dan memahami kebutuhan pengguna. Responsivitas kecerdasan buatan dan literasi AI dinilai tinggi, dengan mahasiswa menganggapnya efektif dan mudah digunakan. Dampak positif pada Mahasiswa, termasuk pengalaman belajar yang lebih baik. Sebagai langkah lanjutan, disarankan agar institusi pendidikan lebih proaktif dalam meningkatkan literasi AI mahasiswa melalui integrasi pembelajaran berbasis AI ke dalam kurikulum, serta penyelenggaraan pelatihan, seminar, dan workshop yang relevan. Selain itu, penanaman kesadaran etis dalam penggunaan AI juga sangat penting agar mahasiswa memahami tanggung jawab sosial, privasi, dan potensi risiko yang terkait dengan teknologi ini.
Transformasi Pembelajaran: Bagaimana E-learning Meningkatkan Prestasi Mahasiswa Vokasional St Hutami Haryati; Andi Dio Nurul Awalia
Innovation and Applied Education Journal Volume 2, Issue 1, Februari 2025
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/iaej.v2i1.252

Abstract

Transformasi digital dalam pendidikan menghadirkan peluang sekaligus tantangan, tergantung pada kesiapan lembaga pendidikan dalam menghadapinya. Salah satu bentuk transformasi tersebut adalah e-learning, yang berkembang pesat sebagai alternatif pembelajaran tatap muka selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan e-learning dapat meningkatkan prestasi akademik mahasiswa vokasional, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain survei, melibatkan 55 responden mahasiswa yang mengikuti perkuliahan melalui platform e-learning. Pengumpulan data dilakukan pada Oktober–November 2023 menggunakan kuesioner digital, dan hasilnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat variasi persepsi terhadap beberapa fitur e-learning, secara umum responden menunjukkan sikap positif terhadap penggunaannya. Mahasiswa merasa bahwa e-learning mendukung efektivitas belajar, meningkatkan produktivitas, serta mendorong kreativitas dalam proses pembelajaran. Selain itu, akses fleksibel dan kemudahan interaksi turut memperkuat persepsi positif terhadap platform ini. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap penguatan literatur empiris mengenai integrasi teknologi digital dalam pendidikan vokasional, serta menekankan pentingnya perencanaan e-learning yang terstruktur untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi mahasiswa secara berkelanjutan.

Page 1 of 3 | Total Record : 30